Lelang Kucing ???

Halaman 67
Oleh : Cacang Effendi


Lelang Kucing ??? pertanyaan ini banyak membingungkan pencinta kucing pada saat acara ini di perkenalkan di grup kucing Forum diskusi SBKR setiap hari Jumat malam.
 ( https://www.facebook.com/groups/forum.diskusi.SBKR/  ) ,
bahkan ada yang bikin status di media sosial : " memangnya barang mati ? kucing di lelang ? " , Admin yang ada di grup tertawa , masih banyak orang yang kurang  pengetahuan tetapi membuat pernyataan di publik yang akan mem permalukan dirinya sendiri karena kebodohannya. Akhirnya kami buka Kamus besar bahasa Indonesia , 
"lelang/le·lang/ /lĂ©lang/ n  adalah penjualan di hadapan orang banyak (dengan tawaran yang atas-mengatasi) dipimpin oleh pejabat lelang;" 
Ternyata artinya adalah menjual dimana orang yang menawar paling tinggi akan mendapatkan barangnya , jadi apa bedanya dengan jual kucing, bedanya hanya cara nya,
 jadi agak aneh kalau orang2 yang juga menjual /membeli kucingnya tetapi bicara negatif tentang lelang yang diadakan di grup SBKR. saya lebih respek terhadap orang2 yang memang tidak pernah menjual kucing atau membeli kucing sama sekali, dari pada penjual kucing yang munafik.
 jadi mungkin hanya karena orang belum biasa mendengar istilah lelang kucing makanya masih pada bingung, sama juga dengan istilah Jual/beli kucing, awalnya banyak yang kaget, mereka ingin kata2 yang lebih lembut seperti adopsi. 
setelah diselidiki ternyata orang  yang bicara seperti itu adalah para hater dan temannya yang tidak suka dengan kemajuan grup SBKR karena SBKR baru saja dipercaya oleh Indopet expo mengelola acara kucing  1 hari di bulan september 2016 yang akan datang, dan juga orang yang dikeluarkan dari grup karena tidak mengikuti aturan. Yah, inilah hidup , selalu ada pro dan Kontra.  




Lelang Kucing di grup SBKR  - https://www.facebook.com/groups/forum.diskusi.SBKR/

Awalnya banyak keluhan dari member SBKR dan pencinta kucing dengan tingginya harga kucing, terutama harga kucing ras yang bersertifikat di pasaran, sehingga sangat sulit untuk mereka untuk mempunyai kucing yang berkwalitas dengan harga yang ada di Budget mereka, mendapat masukkan ini admin SBKR melakukan diskusi dengan para breeder yang ada di grup SBKR, untuk memecahkan masalah ini, dari hasil diskusi akhirnya disimpulkan Grup SBKR akan mengadakan Lelang kucing dengan Tujuan sebagai berikut :
- Membantu para pencinta kucing yang ada di grup SBKR untuk mendapatkan kucing dengan harga terbaik menurut harapan member, dengan terbatasnya jumlah kucing yang ada di breeder SBKR cara yang paling baik dan Fair adalah menjual dengan sistem lelang. Jadi siapa yang berani membeli dengan harga tertinggi pada saat hari pelelangan , orang tersebut ber hak mendapatkan kucing yang di pilihnya. Jadi bukan lagi breeder yang menentukan harga, tetapi pasar saat itu  yang menentukan nya.

Di bulan Juni 2016 , grup SBKR melakukan 13 kali pelelangan Kucing, setiap kali lelang ada sekitar 4 kucing jadi total sekitar 50 Kucing:
 36 ekor kucing bersertifikat dan 14 kucing tidak bersertifikat/ non pedigree,
 hasil pelelangan 36 ekor kucing bersertifikat terjual , dan 13 kucing non pedigree terjual , hanya 1 kucing non pedigree tidak terjual. 
Harga Kucing non pedigree yang terjual umumnya diatas harga rata2 pasaran , misalnya yang seharga 1 jt, bisa terjual dengan harga Rp 1,5 - 2 jt
Untuk Kucing pedigree , sebaliknya, harga yang terjual melalui lelang , rata2 30-50 % dibawah harga pasaran yang biasa breeder Jual, Misalnya harga kucing scottish fold kwalitas breed yang biasa di Jual rp 12,5 jt -15 jt , hanya terjual  sekitar 6-10 jt.
Jadi terlihat bahwa Lelang Kucing SBKR merupakan program subsidi breeder SBKR untuk pencinta kucing di indonesia.

Keuntungan untuk pencinta kucing yang membeli melalui Lelang :
- harga kucing sesuai dengan harga pasar bahkan banyak lebih rendah dari harga pasaran.
- Kucing akan di terima sesuai dengan kwalitas yang di tawarkan dan uang yang di bayarkan akan aman , karena pembayaran kucing di bayarkan ke panitia lelang.
Kendala :
- Harus mempunyai uang CASH.

Keuntungan Untuk Breeder kucing yang menjual melalui Lelang :
- Mendapatkan uang cash secara cepat.
- Tidak banyak melayani pembeli yang memberikan harapan palsu (PHP)
Kendala :
- kadang harga kucing jauh di bawah harga pasaran.

Masalah bagi Panitia lelang.
Mendapatkan stock kucing yang akan di lelang, yang terjaga kwalitasnya dan komitmen dari breeder untuk bertanggung jawab bila suatu saat ada permasalahan dengan kucing yang di jualnya.
- peserta lelang yang ikut melakukan BID tetapi tidak bertanggung jawab.

Tentang kekhawatiran apakah orang yang memenangkan lelang akan bertanggung jawab terhadap kesejahtraan hewan yang di belinya melalui lelang, saya rasa ini sama dengan cara menjual kucing yang lain, karena banyak orang yang membeli awalnya dia berkomitmen akan memelihara dengan baik, tetapi belakangan dia tidak mengurusnya, kembali ke individu manusia nya, yang pelu di ingat manusia selalu berubah. Sangat susah untuk mempredisi prilaku orang, waktulah yang akan membuktikannya.



Jadi keputusan anda sendiri untuk membeli kucing secara lelang atau cara yang anda biasa lakukan.

Bila anda tertarik untuk membeli kucing secara lelang anda bisa masuk ke grup Forum diskusi sukses beternak kucing ras. https://www.facebook.com/groups/forum.diskusi.SBKR/

acara lelang kucing diadakan setiap hari jumat malam, dan akan di tambahkan setiap rabu malam dan minggu malam jika stok tersedia.

Lelang Kucing SBKR merupakan Lelang kucing terpercaya karena di kelola oleh Grup kucing online terbesar SBKR .



Tulisan ini di persembahkan untuk grup Sukses beternak Kucing Ras di hari ulang tahun yang ke 4 , tg 3 juli 2016.



Gambar2 di atas adalah koleksi gambar Chandra cattery, dan hasil photo sendiri .
Penulis adalah warga negara Indonesia pertama yang menerima penghargaan "Star Service Award" dari organisasi Kucing terbesar di dunia Cat Fanciers Association (CFA) yang berpusat di Ohio ,USA.

Selain menulis Blog ini , Cacang Effendi  Menulis buku "Kucing" yang telah beredar di Gramedia dan toko buku besar lainnya di seluruh Indonesia, dan sering di undang sebagai Nara sumber dan juri Kucing di berbagai acara cat show ,  sebagai pemilik Chandra Cattery,  yang telah mengembang biakan kucing lebih dari 15 tahun. kucing ras yang diternakkan adalah Persia, Exotic, Maine coon, British Shorthair, Sphynx, Bengal, American Short Hair, Siamese, Oriental, Ragdoll. Somali ,  Pendiri grup SBKR, Presiden Club Cat Fancier Society of Indonesia  (CFA club di Indonesia). 




http://ternakkucing.blogspot.com/feeds/6538984247485885815/comments/default

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Pengenalan kucing sebagai hewan kesayangan untuk anak-anak "SBKR Cats Educare"

10 Kucing ter Favorit di indonesia th 2017

5 Jenis Penyakit Kucing yang banyak di derita oleh Kucing2 di Indonesia th 2016